Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Minggu, 13 April 2014

Ubah Keterpurukan Moral, Selamatkan Generasi Bangsa.


Renungan dan Refleksi 

Oleh : DR. Maya Rumantir Hutasoit, MA, Ph.D

Mari bersama kita renungkan dan melihat dengan hati nurani yang bersih dan benar apa yang sedang terjadi di dalam bangsa tercinta kita Indonesia. Indonesia adalah suatu negara republik yang berkarakter. Budaya ketimurannya sangat erat pada setiap pribadi orang indonesia. Atau lebih jelasnya orang-orang Indonesia terkenal dengan prilaku yang ramah, dan sopan juga santun. Di masa saat ini adakah kita melihat karakter bangsa kita itu,terimplementasi dalam kehidupan di tengah masyarakat...? Sungguh..! tak dapat dipungkiri, negara kita saat ini dalam massa yang sulit dan sarat dengan permasalahan moralitas. Sangat mujur anda duduk di layar kaca sehariaan, dan anda tidak menemukan peristiwa-peristiwa  lewat media massa tentang kasus kriminal, baik itu berita korupsi atau tindak kekerasan. Sangat jelas dan nyata bahwa karakter bangsa kita mengalami degradasi moral. Sudah tentu dalam menghadapi masalah tersebut, harus disikapi dengan arif dan bijaksana, dengan mencari akar permasalahan beserta solusinya.


Daerah kita sulawesi utara, adalah suatu daerah yang memiliki kekayaan alam yang di anugrahkan Tuhan. Masyarakat Sulut  juga terkenal dengan sumber daya manusianya yang cerdas seperti tokoh pahlawan nasional kita, DR. Sam Ratulangi yang mencetuskan "Sitou Timou Tumou Tou" yang artinya manusia hidup bertumbuh dan berkembang untuk menjadikan manusia seutuhnya, atau Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain.  Ini adalah filisofi yang mampu membuka pola pandang yang benar dalam kehidupan sosial. Masyarakat Sulut juga terkenal berjiwa satria seperti pahlawan nasional Piere Tendean.  Yang menjadi pertanyaan saat ini, adakah nilai-nilai luhur  seperti tokoh pahlawan nasional kita tersebut dilestarikan dalam kehidupan generasi bangsa kita saat ini? Syukur kalau ada, maka patut untuk dipertahankan. Tapi kalau nilai luhur itu tak terlihat lagi, tentu sepatutnya kita introspeksi diri. 


Saat ini pada tanggal 9-4-2014 sebagai warga negara yang baik, kita wajib menggunakan hak pilih kita  dengan memberikan suara dalam pemilihan umum legislatif. Sulut harus dapat menentukan sikap pilihannya kepada calon pemimpin yang mampu menjadikan Sulut Bermoral, Sulut Berkwalitas, Sulut Damai, dan Sulut Sejahtera. Saya yakin masyarakat Sulawesi Utara memiliki potensi SDM yang sangat dapat di andalkan untuk kemajuan bangsa dan Negara di segala bidang. Dan marilah kita menentukan pilihan kita kepada calon pemimpin bangsa yang memiliki niat yang tulus membangun keterpurukan moral bangsa saat ini. Gunakan hak pilih kita dengan penuh rasa tanggung jawab. Kenalilah dengan baik latar belakang karya dan prestasi dari siapa yang hendak kita jadikan pemimpin dan wakil rakyat, untuk mewakili daerah, serta memimpin bangsa indonesia periode 2014-2019. Kemajuan bangsa kita merupakan tanggung jawab kita bersama. 


Untuk itu, marilah  kita sukseskan PEMILU dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran, kebenaran, keadilan dan perikemanusiaan bagi kehormatan bangsa. Karena kebenaran meninggikan derajat bangsa tetapi dosa adalah noda bangsa.  Kiranya Tuhan yang Maha Kuasa memampukan kita mewariskan  teladan, sikap hidup benar, dan perilaku positif di tengah-tengah masyarakat lingkungan kita masing-masing demi cemerlangnya generasi  bangsa sebagai kader pemimpin bangsa masa depan. 


Selamat dan sukses untuk kita semua. Tuhan yang Maha pengasih dan penyayang memberkati kita.


Salam Persahabatan dan Perdamaian


DR.Maya Rumantir. MA.Ph.D
Ketua Komunitas SABDA (Persahabatan dan Perdamaian)

0 komentar:

Posting Komentar