Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Rabu, 01 Oktober 2014

Resmi Jadi Senator, Maya Harapkan Doa dan Dukungan Masyarakat


Tanggal 1 Oktober 2014, resmi para legislator dan senator diangkat sumpah menjalankan tugas kenegaraan bagi masyarakat.  Ruang rapat paripurna, Gedung DPR Senayan, menjadi saksi bisu pelantikan  Anggota MPR, DPR dan DPD periode 2014-2019. Pengambilan sumpah dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

"Apakah saudara bersedia bersumpah menurut agama dan kepercayan saudara masing-masing,"  kata Hatta Ali yang langsung dijawab para wakil rakyat dan anggota DPR yang menyatakan kesediaannya.  

 Menurut Hatta, sumpah dan janji yang diucapkan para wakil rakyat periode 2014-2019 mengandung tanggungjawab berat. Tidak saja tanggungjawab kepada negara, tetapi kepada rakyat di daerah pemilihan masing-masing, Pancasila dan UUD 1945. Mengawali sumpah dan janji tersebut, Hatta menuntun sumpah yang diucapkan yang diikuti para  wakil rakyat dan 130 Anggota DPD yang hadir. Tercatat dua Anggota DPD tak ikut dilantik, karena masih mengalami masalah terkait persoalan hukum yang membelit mereka. 

"Bahwa Saya akan memenuhi janji menjalankan anggota sebagai wakil rakyat yang seadil-adilnya sesuai peraturan perundangan  dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945. Bahwa saya akan bekerja dengan sungguh-sungguh  demi tegaknya demokrasi," kata Hatta diikuti para wakil rakyat.

Anggota DPR terpilih berjumlah 560. Sementara anggota DPD berjumlah 132 orang. Sedangkan anggota MPR gabungan dari jumlah anggota DPR dan DPD, berjumlah 692 orang. Kendati demikian, khusus anggota DPR hanya 555 anggota baru yang dilantik. Soalnya, lima orang yang tidak ikut dilantik tersandung kasus hukum.

Sementara itu, Maya Rumantir, mengharapkan masyarakat terus mendoakan dan mendukung dirinya dalam melaksanakan tugas-tugasnya terutama bagi pembangunan di daerah dan nasional.   Hari ini, resmi saya telah menjadi Anggota DPD RI periode 2014-2019, saya tetap mengharapkan doa, dukungan dan masukan dari semua masyarakat untuk menunjang tugas saya di parlemen. Ada suka cita, kebanggan, dan ini menjadi tantangan menjalankan tugas lima tahun kedepan sebagai Senator yang mampu membawa kemanfaatan, kedamaian, dan kesejahterahan bagi masyarakat Sulawesi Utara dan secara nasional pada umumnya,” terangnya.

Dia pun berharap bisa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya baik fikiran, gagasan maupun ide yang ditujukan bagi pemerataan pembangunan di daerah, sehingga semua wilayah akan berdiri sejajar dan setara dalam bingkai NKRI.  Kita harus senantiasa memberikan yang terbaik bagi masyarakat, menjaga pluralisme, membangkitkan sikap hidup positif dalam perilaku hidup sosial diantara masyarakat, menumbuhkan kearifan lokal sebagai sumber pemersatu kehidupan berbangsa dan bernegara dan menumbuhkan sikap bangga terhadap tanah air, ini merupakan bagian perjuangan saya di DPD, selain itu tentunya, saya harus memberikan kontribusi bagi kemajuan dan perubahan hidup masyarakat Sulawesi Utara,”  imbuhnya.

Maya Rumantir yang ditemani suami Takala Hutasoit usai seremonial pelantikan, langsung meninjau ruangan kerja di lantai 2 di Nusantara V dan memberi pengarahan kepada para staf  dalam melaksanakan tugas-tugas senator mendatang. “Saya sudah langsung bekerja dan menerima berbagai laporan, tidak ada waktu  berlama-lama untuk tidak menerima mereka,” kata Maya menunjuk belasan tetamu yang sudah antri baik di dalam kantor maupun ruang depan datang dari  Sulut maupun kawanua yang berdomisili di ibukota. Sebagian dari mereka memang hanya datang sekedar mengucapkan selamat, tapi sebagian lagi langsung memberikan berbagai macam laporan masalah sosial dan politik. (Fajar Gloria Sinuraya/fer)

0 komentar:

Posting Komentar