Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Sabtu, 25 Oktober 2014

Silahturahmi Duta Besar Rusia Ke DPD RI


Meskipun sebelumnya Maya memilih duduk di Komite III, itu karena sejak lama  aktif melayani masyarakat sebagai pekerja sosial, tapi setelah terpilih menjadi Wakil Ketua BKSP, Maya pun langsung melaksanakan tugas, mendampingi Ketua DPD RI Irman Gusman dan Wakil Ketua DPD RI G.K.R. Hemas beserta pimpinan Badan Kerja Sama Parlemen DPD RI Mohammad Saleh dan Emilia Contesa menerima kunjungan tamu-tamu kehormatan dari luar negeri. Pekan lalu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin pun berkunjung menemui pimpinan DPD dan BKSAP di Lt.VIII Gedung Nusantara III Complek Parlemen Senayan, Jakarta. Pertemuan tersebut berlangsung tertutup.


Maya menjelaskan, pertemuan itu hanya merupakan kunjungan persahabatan dan perkenalan dengan pimpinan DPD yang baru. “Ini hanya silahturahmi politik saja, kita membicarakan tentang kedatangan Ketua Dewan Majelis Federal Rusia Valentina Matviyenko  pada 11-12 november mendatang, kita harapkan dengan kunjungan tersebut ada peningkatan kualitas hubungan antar kedua lembaga, sehingga ini bermanfaat positif bagi bagi peran DPD kedepan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, DPD RI merupakan bagian dari lembaga tinggi negara yang diatur oleh konstitusi, seperti halnya DPR, DPD juga disertai dengan alat-alat kelengkapan kelembagaan yang terdiri dari komite I, II, III, dan komite IV, ditambah badan kehormatan, dan BKSP (Badan Kerja Sama Antar Parlemen), Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU), Badan Akuntabilitas Publik (BAP), Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK), Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT).

Komite I sendiri memiliki ruang lingkup tugas: (tentang Pemerintah daerah, Hubungan pusat dan daerah serta antar daerah; Pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah; Pemukiman dan kependudukan; Pertanahan dan tata ruang; Politik, hukum, HAM dan ketertiban umum; dan Permasalahan daerah di wilayah perbatasan negara).

Ada pun sebagai Ketua adalah Drs. H. Akhmad Muqowam (Senator asal Jawa Tengah), Wakil Ketua masing-masing yaitu  Fachrul Razi, M.I.P (Senator asal Provinsi Aceh), dan Benny Rhamdani (Senator asal Provinsi Sulut).

Sedangkan Untuk Komite II memiliki ruang lingkup tugas : (Pertanian dan Perkebunan; Perhubungan; Kelautan dan Perikanan; Energi dan Sumber daya mineral; Kehutanan dan Lingkungan hidup; Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Daerah Tertinggal; Perindustrian dan Perdagangan;  Penanaman Modal; dan Pekerjaan Umum).

Dengan  Ketua Parlindungan Purba, S.H., MM (Senator asal Provinsi Sumatera Utara), dengan wakil ketua masing-masing yaitu Ahmad Nawardi (Senator asal  Provinsi Jawa Timur), dan Laode Muhammad Rusman Emba, ST (Senator asal Provinsi Sulawesi Tenggara).

Sedangkan Untuk Komite III memiliki ruang lingkup tugas :(Pendidikan; Agama; Kebudayaan; Kesehatan; Pariwisata; Pemuda dan olahraga; Kesejahteraan sosial; Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak; Tenaga Kerja dan Transmigrasi; Ekonomi Kreatif; Administrasi Kependudukan/Pencatatan Sipil; Pengendalian Kependudukan/Keluarga Berencana; dan Perpustakaan).

Dengan Ketua  Hardi Selamat Hood (Senator asal Provinsi Kepulauan Riau), dengan wakil ketua masing-masing Ir. Abraham Liyanto (Senator asal Provinsi NTT), dan  Fahira Idris, SE (Senator asal Provinsi DKI Jakarta).

Sedangkan  untuk Komite IV memiliki ruang lingkup tugas: (Anggaran pendapat dan belanja negara; Pajak dan pungutan lain; Perimbangan keuangan pusat dan daerah; Pertimbangan hasil pemeriksaan keuangan negara dan pemilihan anggota BPK; Lembaga keuangan; dan Koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah).

dengan Ketua  Ir. H. Cholid Mahmud, ST., MT (Senator asal Provinsi DIY), sedangkan wakil ketua masing-masing  Dr. H. Ajiep Padindang, SE, MM (Senator asal Provinsi Sulawesi Selatan), dan Drs. H. Ghazali Abbas Adan (Senator asal Provinsi Aceh).

Untuk Panitia perancang Undang-Undang (PPUU), dengan Ketua Gede Pasek Suardika, SH., MH (Senator asal Provinsi Bali), dan masing-masing wakil ketua Muhammad Afnan Hadikusumo (Senator asal Provinsi DIY), dan  Ir. Anang Prihantoro (Senator asal Provinsi Lampung). Demikian pula Badan kehormatan Ketua A. M. Fatwa (Senator asal Provinsi DKI Jakarta), dengan wakil ketua masing-masing Maimanah Umar (Senator asal Provinsi Riau), dan Drs. H. Lalu Suhaimy Ismy (Senator asal Provinsi NTB). Sedangkan Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP), Ketua Muhammad Saleh, SE (Senator asal Provinsi Bengkulu), dengan masing-masing wakil ketua Maya Rumantir (Senator asal Provinsi Sulawesi Utara), dan  Emilia Contessa (Senator asal Provinsi Jawa Timur). (Fajar Gloria Sinuraya/fer)

0 komentar:

Posting Komentar