Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Selasa, 04 November 2014

Wawasan Kebangsaan, Jangan Berpikiran Terpecah-pecah


Pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan sangat terasa di tengah perkembangan demokrasi. Sebab bila meremehkannya, bukan tidak mungkin  arsitektur negara kesatuan Indonesia yang dibangun di tengah kebhinekaan, dapat saja pecah. Karena itulah, penting semua pihak terutama mereka para pembuat kebijakan,  pandai menjaga dan melesrarikannya. Dalam kaitan itu, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) secara kelembagaan  mengandeng Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional),  menggelar pembekalan Wawasan Kebangsaan bagi Anggota DPD RI terpilih periode 2014-2019. Hadir dalam acara itu, 116 dari 130 anggota DPD mengikuti pelatihan yang digelar selama seminggu di ibu kota Jakarta.

Gubernur Lemhanas, Budi Susilo Supandji memuji, karena  hampir  90 persen anggota DPD RI hadir dalam kegiatan Ini. "Ini sangat luar biasa dan kehormatan bagi Lemhannas yang diberi kepercayaan DPDmemberikan pemantapan wawasan kebangsaan," katanya. Adapun, Ketua DPD-RI Irman Gusman, menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memupuk dan meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan, kenusantaraan kepada senator-senator  seluruh Indonesia. Karena mereka adalah wakil-wakil daerah yang dipilih langsung oleh rakyat.


“Barangkali semangat wawasan kebangsaan sudah ada bagi wakil-wakil daerah ini, tapi kita menginginkan kembali dilakukan pemantapan di Lemhannas untuk memberi pemahaman sehingga nanti dalam melaksanakan tugas sebagai pejabat negara, mereka paham memperjuangkan daerahnya dalam rangka NKRI," katanya.

Sementara itu, sebagai salah satu peserta yang hadir, Maya Rumantir  menilai,   apa yang terpenting di  Indonesia, adalah persatuan dari bangsa Indonesia yang begitu multi etnik, relijius dan budaya itu. "Itu yang patut kita jaga dan menumbuhkan kebanggaan masyarakat terhadap negara dan bangsa di tengah globalisasi sekarang. Caranya, melalui sikap perilaku kita yang positif dan membangun di tengah masyarakat, yang mencerminkan kebersamaan, toleransi, gotong royong, hormat-menghormati, tidak berpikir untuk terpecah-pecah," terangnya.

Maya pun menilai kegiatan pemantapan kebangsaan yang dilaksanakan Lemhanas bagi para anggota DPD sangat bermanfaat, karena memperkaya dan mempertebal semangat kebangsaan. “Apa yang dilaksanakan sekarang ini, sangat bermanfaat, termasuk saya sendiri. Sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa dan negara ini yang diwariskan pendahulu kita untuk kita jaga, bangun, dan bersama bekerja guna mewujudkan kesejahterahan seluruh rakyat baik di pusat dan di daerah,” pungkasnya. (Fajar Gloria Sinuraya/fer)

0 komentar:

Posting Komentar