Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Kamis, 23 April 2015

Soal Hidup Rukun dan Damai, Sulut Model Daerah Terbaik


Pertemuan Menteri Agama  Lukman Hakim Saifuddin dengan Anggota DPD-RI Maya Rumantir di sela kunjungannya di Sulut berlangsung hangat. Pujian pun diberikan Menteri Agama terhadap daerah Sulawesi Utara yang menjadi trending topic dalam hal kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama di Indonesia. Sudah barang tentu ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat bumi nyiur melambai.

“Kerukunan dan keharmonisan hidup antarumat beragama di Sulut sangat kental dan perlu dicontoh oleh daerah-daerah lain,"  kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Soal kerukunan diantara masyarakat di Sulut, hal tersebut  tidak terlepas dari filosofi masyarakat bumi nyiur melambai “torang samua basudara” yang artinya kita semua bersaudara dimana budaya mapalus atau gotong royong  sudah mendarah daging di masyarakat Sulut. Arti persaudaraan sangatlah penting bagi masyarakat Sulut, dimana sikap saling mendukung dan membantu serta melindungi adalah suatu kewajiban dalam tali persaudaraan tanpa membedakan-bedakan latarbelakang atau dari mana dia berasal.



Senator Maya Rumantir mengungkapkan, Sulut merupakan daerah terbuka bagi siapa saja, dimana berkembang  berbagai budaya, etnis, dan agama di tanah toar lumimuut. “Tapi semua nya akur, baik dan rukun, itu merupakan kearifan yang harus dikembangkan dan dipelihara oleh seluruh masyarakat Sulut,” imbuhnya.

Maya menambahkan,  pengembangan pembangunan yang sekarang tengah dilaksanakan tentu  memerlukan situasi toleransi dan kebersamaan dalam mewujudkan setiap program pembangunan, agar cita-cita dan harapan masyarakat sejahtera berdasarkan Pancasila bisa segera diwujudkan. (Fajar Gloria Sinuraya/fer)

0 komentar:

Posting Komentar