Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Kamis, 16 Juli 2015

Membangun Partisipasi Generasi Muda dalam Membangun Sulut

Seiring  dengan perkembangan  di  era globalisasi, persoalan pembinaan karakter generasi muda pun kian menjadi kompleks. Kaum muda  menjadi sorotan tajam dalam masyarakat akibat  sejumlah permasalahan sosial yang muncul seperti meningkatnya tindak kriminal, kekerasan, perkelahian massal dan kehidupan yang konsumtif.  Padahal, generasi muda adalah roh dari suatu komunitas atau masyarakat, bagaimana kehidupan di masa mendatang, itu bisa dilihat dari semangat dan kehidupan generasi mudanya.

Menyadai arti pentingnya peran generasi muda, beberapa waktu lalu pun digelar  acara Youth Camp International 2015. Ribuan pelajar dan mahasiswa dari berbagai wilayah Bumi Nyiur Melambai ambil bagian dalam acara akbar tersebut yang dihadiri pula founder Maya Gita yang juga senator Sulut Maya Rumantir.



Salah satu peserta Tessa (19 th) mengungkapkan harapannya atas kehidupan yang lebih baik di tanah kelahiran Sulawesi Utara. “Tentu sebagai generasi muda, kita harapkan terjadinya kemajuan di Sulawesi Utara ini di berbagai aspek dan bidang kehidupan. Ini menjadi salah satu harapan kami bagi pemimpin yang akan maju dalam Pilkada mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPD RI Maya Rumantir yang juga menjadi salah satu kandidat gubernur dalam Pilkada, Desember 2015 ini mengungkapkan, selaku generasi penerus,  kaum muda perlu tumbuh menjadi generasi sehat, cerdas, takut akan Tuhan dan memiliki empati kepada sesama. Sehingga keberadaan mereka  bermanfaat, bukan kepada diri sendiri, melainkan turut serta  menjaga dan memelihara kerukunan dalam tatanan hidup masyarakat. 

Maya  menambahkan, fenomena  lunturnya nilai-nilai luhur, menjadikan perilaku kaum muda mengalami disorientasi dan kegalauan. “Untuk itu mereka perlu kembali pada budaya bangsa seperti Mapalus. Dan penting guna menjauhi narkoba, dan pergaulan bebas, yang hanya menjerumuskan kepada hal yang negatif. Karena itu, potensi generasi muda harus  diarahkan  mendukung dan berpartisipasi terhadap pembangunan agar bisa  mewujudkan kesejahterahan dan kemajuan di Sulut dalam berbagai dimensi sosial,” pungkasnya.
(Fajar Gloria Sinuraya/fer)

1 komentar:

  1. Boleh saya minta referensi dalam bentuk rilis dan foto kegiatan Ibu Maya dalam rangka pelestarian budaya daerah Sulut???????

    BalasHapus