Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Sabtu, 03 Oktober 2015

Jadikan Pulau Terluar Sulut Beranda Depan

Ditilik dari potensi ekonomi yang dimiliki, sejatinya  Provinsi Sulawesi Utara dapat dipacu menjadi wilayah yang lebih maju mengingat letaknya yang strategis di kawasan Asia Pasifik dan didukung  oleh kekayaan alam  berlimpah, termasuk pesona alam yang indah menawan sebagai daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.
Demikian pula sejumlah wilayah terluar Bumi Nyiur Melambai seperti Kabupaten Kepulauan Sangihe,  Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Kepulauan Talaud, sekalipun terletak pada posisi paling utara Indonesia yang berbatasan negara tetangga Filipina, wilayah kepulauan Talaud menyimpan banyak pesona  yang mengagumkan.  Sayangnya, sejumlah infrastruktur penunjang  seperti jalan, telekomunikasi maupun akomodasi  yang belum mendukung jadi kendala tersendiri mengembangkan daerah tersebut. Belum lagi, berkembangnya pemikiran wilayah-wilayah perbatasan dengan negara tetangga,  selama ini hanya dijadikan pekarangan belakang dari rumah besar kita.


“Salah itu, kita justru mesti memberikan perhatian terhadap wilayah-wilayah yang berbatasan dengan negara-negara tetangga. Di Sulut, kita memiliki Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang mesti kita jadikan beranda depan dari Propinsi ini dengan perhatian yang lebih baik,” kata kandidat Wakil Gubernur Sulut Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan.
Sulut memiliki 286 pulau, 59 berpenghuni dan 227 belum berpenghuni dengan 11 pulau terluar, dimana 4 pulau berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, 4 pulau di Kabupaten Kepulauan Talaud, sementara Kabupaten kepulauan Sitaro, Minahasa Utara, dan Bolaang Mongondow Utara masing-masing memiliki 1 pulau terluar.
Menurut Glenny dengan mengubah pola pikir menjadikan Kabupaten Kepulauan Sangihe Talaud dan kabupaten lainnya disitu sebagai beranda depan Sulut,  akan berdampak mengikis kesenjangan. Tidak berhenti disitu, ketahanan wilayah di Sulut pun diyakini akan berkembang semakin mantap. “Jika wilayah-wilayah terluar dan terpencil kita sudah kondusif,  bukan hanya menjadikan kita stabil secara nasional tapi  memberikan dampak yang baik bagi perkembangan daerah,” imbuhnya. 

Untuk itu, Glenny menambahkan, dirinya dan kandidat Gubernur Sulut Maya Rumantir sudah bersepakat  memberikan perhatian lebih besar terhadap situasi dan pembangunan di wilayah terluar dan terpencil  di Propinsi Sulawesi Utara. “Kita harapkan dengan perhatian yang lebih dan menjadikan wilayah itu sebagai berdanda terdepan nasional dan daerah, percepatan pembangunan pun akan bisa  lekas terwujud yang memberikan dampak terhadap stabilitas dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.  (Fajar Gloria Sinuraya/fer)


0 komentar:

Posting Komentar