Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Sabtu, 03 Oktober 2015

Tumbuhkan Minat Baca Sejak Usia Dini

Lazimnya dunia anak-anak senang menghabiskan waktunya dengan bermain.  Namun, dasa warsa terakhir ini, anak-anak pun lebih asyik menghabiskan waktu mudanya dengan bermain game atau menonton teve. Padahal, ada banyak hal menyenangkan bisa diperoleh di masa kanak-kanak yang memberi manfaat, salah satunya menumbuhkan minat membaca yang kelak terbawa hingga dewasa.

Apalagi, jika ditilik secara nasional, minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah.Data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan masyarakat kita belum menjadikan kegiatan membaca sebagai sumber utama memperoleh informasi. Hal itu tentunya berlaku pula di Sulawesi Utara. Padahal, hanya dengan membaca dan banyak belajar anak-anak kelak  mampu  menguasai ilmu yang berguna demi demi masa depan mereka nantinya.


Keprihatinan rendahnya minat anak-anak untuk membaca ini pula yang menjadi perhatian pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur, Maya Rumantir dan Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan. Dalam setiap kali mengunjungi basis masyarakat pendukungnya, Maya pun senantiasa berpesan pada orang tua untuk membiasakan anak-anak membaca sejak usia muda agar bisa membuka cakrawala pengetahuan lebih luas dan memotivasi kreativitas berpikir anak.

Maya pun mengungkapkan, dirinya dan Glenny Kairupan sudah memiliki program mendorong dan menyemarakkan  perpustakaan mulai dari tingkat sekolah sampai taman bacaan umum bagi masyarakat. “Kita ingin di Sulawesi Utara, perpustakaan itu menjadi tempat yang nyaman dan ramai dikunjungi masyarakat, terutama anak-anak. Tanpa tumbuhnya kebiasaan  membaca sejak usia muda, penguasaan akan ilmu pun sulit dicapai. Karena itu, kita akan memberikan prioritas mengisi sumberdaya manusia yang baik, fasilitas yang nyaman dan buku-buku bacaan yang lengkap bagi anak-anak agar mereka pun semakin senang membaca,” imbuhnya.

Dijelaskannya, sekalipun nanti Pemerintah Daerah (Pemda) akan berupaya memperbaiki berbagai fasilitas perpustakaan umum dan iklim yang nyaman untuk datang membaca,  tapi tetap dukungan orang tua dan masyarakat sangat penting. Bagaimanapun minat baca tersebut dimulai dari keluarga, karena itu orang tua harus memberi dorongan dengan mencintai buku, dengan demikian, mereka tumbuh menjadi generasi yang berilmu yang berkualitas dan mampu berkontribusi terhadap kemajuan dan kebaikan di masyarakat jika mereka besar,” terangnya.

Sementara itu,  di tempat yang sama Cawagub Glenny Kairupan, mengingatkan, setiap orang tua perlu merangsang  anak-anak gemar membaca. Orang tua harus terlibat langsung, meluangkan waktu dan perhatiannya  mengajari anak membaca, dengan begitu lambat laun akan menumbuhkan cinta anak kegiataan membaca sehingga menumbuhkan  rasa ingin tahu anak mempelajari sesuatu yang baru agar mereka  siap dan cekatan dalam meraih mimpi dan cita-cita untuk menjadi orang yang mandiri. (Fajar Gloria Sinuraya/fer)

0 komentar:

Posting Komentar