Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation

Kamis, 19 November 2015

Menjadikan Sulut Daerah Berkarakter dan Kompetitif bagi Investor

KPUD Sulawesi Utara menyelenggarakan debat kandidat tahap ke dua yang di ikut masing-masing  Paslon Cagub-Cawagub di Hotel Sutanraja, Kalawat, Minahasa Utara.Debat yang dipancarluaskan TVRI Sulut dan RRI Manado itu, menjadi gambaran bagaimana para kandidat akan bersikap dalam lima tahun ke depan.  Suksesi Sulut  akan diikuti tiga pasang Cagub-Cawagub, yaitu Olly Dodokambey-Steven Kandouw, Maya Rumantir-Glenny Kairupan dan Benny Mamoto-David Bawoie. Sebagai satu-satunya perempuan, Maya pun mampu memberikan warna dalam perhelatan akbar demokrasi yang bakal berlangsung ketat itu.



Dalam sikapnya Maya-Glenny konsisten memajukan Sulut sebagai daerah berkarakter yang mengikut sertakan seluas-luasnya partisipasi rakyat. Dilain pihak, Maya pun siap menjadikan bumi Nyiur Melambai sebagai daerah yang memiliki daya saing kompetitif membangun sumberdaya manusia melalui sektor pendidikan dan  menyambut investor yang masuk menggerakkan perekonomian rakyat di daerah itu melalui tata kelola pemerintahan yang baik, berwibawa dan bersikap hidup sederhana. 

Makanya yang utama kita melibatkan partisipasi  masyarakat seluas-luasnya. Membangun suatu tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel di setiap strata sehingga nantinya pembangunan itu akan benar-benar dirasakan bersama,” terangnya. 

Menurut Maya, pelibatan masyarakat seluas-luasnya termasuk generasi muda, akan dilakukan dengan mengedepankan perusahaan-perusahaan yang dikelola putra daerah di Sulut. “Kita juga harapkan tumbuh gairah berwiraswasta dengan menyederhanakan regulasi sehingga potensi ekonomi masyarakat  bergairah di daerah,” terangnya. 

Ditambahkannya, melalui pelibatan masyarakat dan generasi muda diharapkan  banyak  terobosan dan percepatan pembangunan yang bisa dilaksanakan. Kita akan fokus bekerja, bekerja,  dan kalau perlu kita melakukan terobosan menghasilkan percepatan dalam pencapaian kesejahteraan masyarakat, karena bagaimana pun kita hanya melaksanakan mandat rakyat,” imbuhnya.


Dia juga menilai, dalam banyak aspek Sulut memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, termasuk sektor pariwisata. “Modal budaya dan masyarakat yang ramah dan terbuka terhadap wisatawan dan modal sosial toleransi serta kondisi keamanan yang kondusif menjadi daya tarik tersendiri yang harus dikembangkan dengan menciptakan lagi kawasan-kawasan wisata bertaraf nasional di luar Bunaken yang sudah terkenal,” paparnya.   

Sementara itu, Cawagub Glenny Kairupan menegaskan, dirinya maupun Maya Rumantor akan  tetap  dalam rel melakukan perubahan besar bagi kemajuan Sulut. Apalagi, di depan mata sudah ada MEE (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dimana persaingan menjadi sesuatu keniscayaan. Mau tidak mau kita harus mampu bersaing. Untuk itu, Sulut harus menjadi daerah yang memiliki daya saing, menarik buat investor, sehingga lebih banyak lapangan kerja terbuka, perlindungan terhadap petani dan nelayan, mengembangkan industri kreatif dan UKM  dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Sulut,” pungkasnya. (Fajar Gloria Sinuraya/fer)

0 komentar:

Posting Komentar