INDONESIA BERSINAR

Maya

Siaga Corona, Senator Maya Rumantir Minta Pemerintah Tingkatkan Kewaspadaan Untuk Daerah Yang Rentan

Siaga Corona, Senator Maya Rumantir Minta Pemerintah Tingkatkan Kewaspadaan Untuk Daerah Yang Rentan

JAKARTA — Pasca penyebaran virus corona Pejabat Pemerintah di wilayah Wuhan, China menutup operasional seluruh transportasi termasuk penerbangan. Penutupan dilakukan sejak Kamis (23/01/2020) pagi waktu setempat. Coronavirus muncul pertama kali di Kota Wuhan, China dan menurut otoritas setempat bahwa sudah ada 17 orang tewas.  Akibat virus yang masih satu famili dengan SARS dan MERScov ini, sudah lebih dari 570 orang lainnya dikonfirmasi terinfeksi virus corona. 
Banyak maskapai internasional yang terkena dampak, termasuk Korean Air Lines, Scoot, China Airlines Taiwan, dan ANA Jepang. Mereka mengumumkan bahwa telah membatalkan penerbangan masuk dan keluar dari Wuhan setelah pihak berwenang mengumumkan adanya karantina.
“Pemerintah diharapkan untuk dapat meningkatkan kewaspadaan secara nasional. Mengingat ada beberapa daerah yang memiliki akses penerbangan langsung ke China seperti Jakarta, Denpasar, Surabaya, Medan dan Manado. Khususnya untuk daerah-daerah yang rentan diharapkan agar pemda dapat terus memantau dan berkoordinasi dengan baik sebagai upaya preventif atau pencegahan,” ucap Senator Maya Rumantir saat ditemui disela-sela aktivitasnya di Kompleks Parlemen, Kamis
(24/01/2020).   
Meski belum terdeteksi adanya penyebaran virus corona di Sulawesi Utara (Sulut) namun Maya Rumantir sebagai Senator Utusan Sulut meminta pemda untuk ambil langkah antisipatif dengan cepat mengingat Sulut merupakan daerah yang rentan terhadap perkembangan penyakit ini. Kunjungan wisatawan dari China ke Manado setiap bulan bisa mencapai puluhan ribu orang. 
“Saya menghimbau kepada pemerintah daerah untuk ambil langkah antisipatif dengan menutup sementara akses penerbangan langsung dari China ke Manado, Sulawesi Utara. Hal ini tentunya akan mengurangi kemungkinan wabah virus mematikan dari China ini menyebar ke Sulut. Mencegah lebih baik dari pada mengobati,” tegas Maya Rumantir disertai doa dan harapan agar Sulut tidak terdampak virus corona. 
Senator Maya Rumantir juga menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti perkembangan berbagai informasi dari media yang kredibel termasuk berbagai himbauan dari pemerintah. Selain itu perlu untuk melakukan upaya pencegahan virus corona yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga. (hr) 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaga Corona, Senator Maya Rumantir Minta Pemerintah Tingkatkan Kewaspadaan Untuk Daerah Yang Rentan

JAKARTA — Pasca penyebaran virus corona Pejabat Pemerintah di wilayah Wuhan, China menutup operasional seluruh transportasi termasuk pe...

Terbanyak Dibaca

Recent Posts