INDONESIA BERSINAR

Maya

Hadiri Pelantikan Pengurus Dewan Adat Dayak, Maya Rumantir Nyanyikan Lagu Karyanya Indonesia Bersinar

Hadiri Pelantikan Pengurus Dewan Adat Dayak, Maya Rumantir Nyanyikan Lagu Karyanya Indonesia Bersinar

SAMARINDA  — Senator Dr. Maya Rumantir, M.A., Ph.D hadiri Pelantikan Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur (DAD Kaltim) yang bertempat di Pendopo Lamin Etam Kaltim. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong, M.Sc, Gubernur Kaltim H. Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Muktiono, S.H., M.H., Wakil Ketua DPD RI Mahyudin, Ketua DPRD Kaltim H. Makmur HAPK, dan Ketua Umum DAD Kaltim Zainal Arifin serta jajaran Forkopimda Kaltim, Tokoh Masyarakat dan adat Dayak Kalimantan. Jumat (01/02/2020).

Maya Rumantir berharap agar organisasi Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur dapat menjadi pelopor perdamaian, keharmonisan masyarakat dan kekuatan bagi bangsa dan negara. Selain itu, lembaga atau organisasi adat diharapkan juga untuk ikut mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. Jangan sampai hanya sekedar menjadi organisasi untuk tempat berkumpul saja tetapi harus juga menjadi tempat untuk menyatukan gagasan serta kontribusi nyata demi membangun daerah, bangsa dan negara.

Hadiri Pelantikan Pengurus Dewan Adat Dayak, Maya Rumantir Nyanyikan Lagu Karyanya Indonesia Bersinar


“Jadilah Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur ini sebuah rumah bersama untuk memperkuat daerah, bangsa dan negara. Ciptakan kerukunan dan kedamaian serta bergotong royong untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” ucap Maya Rumantir saat menghadiri acara pelantikan sebagai tamu kehormatan yang juga berkesempatan mempersembahkan satu lagu karyanya berjudul “Indonesia Bersinar”.

Selain itu, dia menambahkan bahwa budaya dan adat daerah bukan saja menunjukkan kekhasan suatu daerah tertentu, tapi sekaligus menjadi mata rantai kebudayaan nasional. Indonesia merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan budaya-budaya yang hidup didaerah. Besar harapannya lembaga-lembaga adat bukan hanya sekedar mengukuhkan identitas suatu daerah atau wilayah adat tetapi juga memberikan tempat bagaimana kearifan lokal dihargai yang pada akhirnya memperkuat kesatuan sebagai suatu bangsa yang besar yakni Indonesia.

Zainal Arifin selaku Ketua Umum DAD Kaltim yang juga Senator RI utusan Kalimantan Timur memohon kepada suku Dayak di Kalimantan terutama generasi muda untuk mempersiapkan diri dari sekarang. Persiapan dari segi SDM dengan tenaga kerja yang siap pakai, menjadi generasi yang profesional berakhlak dan ber-bhinneka tunggal ika. Zainal Abidin juga memohon dan menegaskan kepada pelaku-pelaku usaha BUMD, BUMN, dan swasta yang berinvestasi di Kalimantan khususnya Kaltim untuk berlaku secara adil dalam cara merekrut tenaga kerja. Diatur secara bijak dan tidak pilih kasih suku apapun yang ada di Kalimantan khususnya Kaltim.


“Bersama kita pelihara dan pertahankan kondusifitas daerah yang sudah tercipta dan jadilah organisasi ini penggerak ekonomi rakyat. Borneo khususnya Kaltim ini bisa menjadi miniatur Indonesia, karena berbagai suku, adat seni budaya dan agama di Nusantara ada di provinsi ini yang harus dapat hidup secara harmonis,” kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor pada acara pelantikan, Rakerda dan Silaturahmi DAD Kaltim. (hr)      

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siaga Corona, Senator Maya Rumantir Minta Pemerintah Tingkatkan Kewaspadaan Untuk Daerah Yang Rentan

JAKARTA — Pasca penyebaran virus corona Pejabat Pemerintah di wilayah Wuhan, China menutup operasional seluruh transportasi termasuk pe...

Terbanyak Dibaca

Recent Posts