INDONESIA BERSINAR

Maya

Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Keluarga Besar MPR/DPR/DPD RI Berlangsung Meriah Serta Khidmat

 Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Keluarga Besar MPR RI/DPR RI/DPD RI Meriah Serat Khidmat

JAKARTA — Perayaan Ibadah Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Keluarga Besar MPR RI/ DPR RI/ DPD RI berlangsung khidmat dan meriah pada Kamis, 28 Januari 2021 di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.  

Penyelenggaraan  acara tersebut dilakukan secara virtual dengan jumlah undangan yang sangat terbatas. Tamu undangan yang hadir serta pengisi acara telah melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat dan juga swab test. Sebagai Ketua Panitia Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 adalah Dr. Ir. Willy Midel Yoseph, M.M  (anggota DPR RI).

Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A dalam sambutan secara vitual mengungkapkan, meskipun perayaan diselenggarakan dengan berbagai pembatasan demi mematuhi protokol kesehatan tentunya tidak mengurangi makna kebersamaan dan kehikmatan acara Natal dan tahun baru keluarga besar MPR/DPR/DPR RI.  

Bambang berharap semoga dalam perayaan ini menumbuhkan rasa syukur dan kedamaian dalam setiap hati sanubari masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Hanya dengan kebersamaan kita dapat melewati semua cobaan dalam masa-masa sulit menghadapi pendemi Covid-19. Hadirnya pandemi ini tidak hanya menyadarkan kita pada kekuasaan Tuhan. Namun pandemi ini juga menggugah hati nurani kebersamaan kita dan menguji seberapa kuat ikatan kita sebagai sebuah negara yang kaya dengan keberagaman."

Lanjut Bambang, "Dalam kerangka pemikiran tersebut, kita patut bersyukur dan berbangga kepada umat Kristiani yang telah berjuang bahu-membahu mengatasi pandemi Covid-19. Antara lain dengan melalui aksi kemanusiaan,  dan penyaluran bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi tanpa membeda-bedakan suku, agama, golongan atau pun kelompok.” 

Ibadah perayaan Natal-tahun baru dibuka oleh Pendeta Ferry A Roting, S.Th.

“Perayaan Natal dibuka bersama kasih karunia Tuhan, perkenanan Tuhan nyata menguasai Indonesia, dipenuhi dengan kemuliaan Tuhan. Mereka akan menamakan Dia Imanuel. Itulah tema yang diangkat.  Dengan semangat Natal Kita Bersatu Dalam Keberagaman dan kedamaian mengatasi Pandemi Covid-19. Semoga perayaan perayaan Natal keluarga besar MPR/DPR/DPD RI, Tuhan nyatakan kemuliaan-Nya. Biarlah hadirat Tuhan dari tempat ini sampai ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan seluruh bangsa-bangsa boleh melihat kemuliaan Tuhan, “ ucap Pendeta Ferry A Roting, S.Th dalam doanya.

Ada pun doa safaat dibawakan oleh  Ketua Umum Gereja Kalimantan Evanglis Pdt. Dr. wardinan S. Lidim M.Th.  Dalam doa tersebut diungkapkan rasa syukur kehadirat Tuhan, sebab walaupun tahun ini ibadah perayaan Natal dan tahun baru diselenggarakan secara amat terbatas akibat pendemi Covid-19 tapi tidak mengurangi hikmah Natal: bahwa Yesus Kristus Sang Imanuel selalu menyertai dalam keadaan apa pun. Tak lupa juga mendoakan Presiden/Wakil Presiden, seluruh keluarga besar MPR/DPR/DPR RI, serta seluruh rakyat Indonesia agar selalu dalam kedamaian di tengah keragaman. Dalam keragaman semua dapat bersatu dalam damai.

Kerja keras seluruh Panitia Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 MPR/DPR/DPD RI yang juga didukung berbagai pihak berlangsung sukses dan meriah serta penuh khidmat.

Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Keluarga Besar MPR RI-DPR RI-DPD RI Meriah Serta Khidmat

Ada pun tema nasional Perayaan Natal keluarga besar MPR RI/DPR RI/DPD RI adalah “Mereka akan menamakan-Nya Imanuel.”  Sub Tema: “Dengan semangat Natal Kita Bersatu Dalam Keberagaman dan kedamaian mengatasi Pandemi Covid-19”.

Sebagai pengkotbah hadir Romo Antonius Suhardi Antara, Pr. 

Romo Antonius mengatakan, kali ini kita merayakan Natal dalam suasana yang sungguh berbeda, dalam keprihatian, karena wabah pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia. Virus ini telah merusak berbagai sendi kehidupan kita semua. Kita melihat media masa, dan mungkin juga di lingkungan sekitar kita, keluarga-keluarga kita banyak yang berduka karena kehilangan sanak saudara. Banyak pula yang kehilangan pekejaan, anak-anak kita harus belajar secara online sehingga mereka kehilangan kesempatan untuk bergaul dengan temannya. Kita semua gelisah sebab tidak bisa beribadah seperti biasanya. Ini menimbulkan kesedihan luar biasa mengingat budaya kita adalah budaya ketimuran yang selalu senang berjumpa, berkumpul, bergotong-royong.

“Akibat pandemi Corona hampir semua kegiatan harus dibatasi. Situasi krisis ini mengingatkan kita sebagai  manusia yang rapuh secara fisik, psikis. Kita rentan, kita mudah terjebak untuk melakukan hal  di luar hal yang diajarkan Tuhan. Tubuh kita mudah sakit akibat terinveksi virus, bahkan kita bisa meninggal hanya karena kelalaian kita. Ini semakin menunjukkan bahwa kita sama di hadapan Tuhan sekalipun suku, agama, profesi kita berbeda, pendidikan, jabatan. Dalam situasi ini kita saling membutuhkan satu sama lain. Namun ini tidak mudah dan masih menjadi perjuangan kita,” kata Romo Antonius Suhardi Antara, Pr.

Sementara itu, Senator Republik Indonesa Dr. Maya Rumantir Hutasoit, MA. Ph.D  berkenan membawakan kesaksian pujian.

Maya Rumantir dalam kesempatan tersebut menyanyikan lagu karyanya sendiri berjudul “Melayani Mengasihi”. Lagu ini bisa dinikmati sebagai doa dan refleksi iman

Dalam kesaksiannya Maya mengungkapkan, “Kita sungguh dikuatkan oleh firman Tuhan. Banyak sekali saudara-saudari kita saat ini sedang mencari makna hidup. Sering kali di dalam kesedihan/kesusahan, dalam keadaan tertekan, teraniaya sulit sekali untuk bangkit. Hari ini kita bukan hanya merayakan Yesus Kristus lahir ke dunia 2000 tahun yang lalu, tapi kita mau memaknai hari Natal ini menempatkan Yesus Kristus sebagai Raja di Atas Segala Raja. Dia datang mewartakan Injil. Mari kita terlebih dahulu berubah, kita mau hidup kita diubahkan oleh firman Tuhan. “

Sederetan artis nasional dan bintang-bintang Indonesia Idol turut serta paduan suara turut mengisi acara ibadah dan perayaan Natal/tahun baru.

Dr. Maya Rumantir Hutasoit, MA. Ph.D  tahun ini mendapat amanah sebagai koordinator Acara Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Mewakili keluarga besar MPR RI/DPR RI/DPD RI dan seluruh panitia Natal 2020-tahun baru 2021 yang bertugas Maya Rumantir mengatakan, “Tahun 2020 bukan tahun yang mudah dengan adanya pandemi Covid-19. Dan tahun 2021 ini juga penuh dengan tantangan adanya dengan begitu banyaknya bencana alam  yang terjadi di bumi Indonesia. Namun sebagai umat yang beriman mari kita satukan hati untuk berdoa dengan sungguh-sungguh bagi bangsa kita tercinta. Mari saling bahu-membahu membantu sesama, agar kita dapat kembali bangkit. “

Acara virtual tersebut dipandu oleh MC Glory Oyong  dan Nico Siahaan yang juga Anggota DPR RI dari Partai PDIP. (ea)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam Sehat


Dr. Maya Rumantir, MA. Ph.D dengan penuh kasih mengajak seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada untuk menjaga kesehatan. Yang tak kalah penting, jangan lupa berdoa agar terhindar dari virus Corona. Salam sehat untuk kita semua. (ea)

Siaga Corona, Senator Maya Rumantir Minta Pemerintah Tingkatkan Kewaspadaan Untuk Daerah Yang Rentan

JAKARTA — Pasca penyebaran virus corona Pejabat Pemerintah di wilayah Wuhan, China menutup operasional seluruh transportasi termasuk pe...

MAYA RUMANTIR PERSPEKTIF JOSHUA TEWUH

Terbanyak Dibaca